Senin, 13 Januari 2014

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Salah satu gangguan pencernaan yang paling umum selain maag adalah asam lambung naik. Penyakit ini bisa memberikan beban emosional penderita karena sangat mengganggu aktifitas penderita sehari – hari. Untuk itu perlu diketahui bagaimana cara mengatasi asam lambung naik dan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung naik.
Menurut penelitian hampir setengah dari penderita gangguan pencernaan seperti asam lambung naik mengatakan bahwa penyakit tersebut mempengaruhi kehidupan mereka sehari - hari dan bahkan bisa berakibat fatal . Karena selain menimbulkan gangguan emosional, asam lambung naik juga mempengaruhi berat badan dan keteraturan hidup penderita yang disebabkan rasa mual , kembung , sembelit , sakit perut , diare , mulas atau gas . Lebih buruk lagi , kondisi pencernaan juga bisa mengganggu pola tidur penderita dan mengganggu dalam bekerja , berolahraga atau bersosialisasi dengan teman-teman .
Melalui perubahan gaya hidup yang sederhana , Anda dapat mencapai kesehatan pencernaan yang optimal dan mengurangi ketidaknyamanan pencernaan . Memperingati  Hari Kesehatan Pencernaan Dunia pada tanggal 29 Mei Gastroenterology Organization ( WGO ) telah menetapkan panduan untuk membantu mencapai kesehatan pencernaan termasuk mengatasi asam lambung naik.
Cara mengatasi asam lambung naik tersebut antara lain :
1 . Makanlah makanan kecil lebih sering . Untuk mencapai pencernaan yang optimal, AGA dan asosiasi nutrisi top di seluruh dunia merekomendasikan makan 4 sampai 5 makanan kecil per hari tanpa meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan .
2 . Perbanyak makanan kaya serat . Serat sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan dan dapat ditemukan dalam buah-buahan , sayuran mentah , biji-bijian dan sereal , kacang-kacangan , dan kacang-kacangan .
3 . Mengkonsumsi ikan 3 sampai 5 kali per minggu . Ikan mengandung asam lemak omega - 3 yang dapat meningkatkan kelancaran pencernaan dengan menstabilkan dinding sel , mengurangi peradangan dan memulihkan keseimbangan usus. Variasikan menu makanan anda dengan mencoba berbagai resep seafood. Jika tidak bisa mengoptimalkan konsumsi ikan dalam menu anda sehari – hari, suplemen minyak ikan  seperti deep sea sun hope bisa menjadi solusi
4 . Mengurangi konsumsi  gorengan. Makanan atau camilan yang digoreng bisa menggemukkan. Gorengan mengandung lemak yang tinggi dan sulit untuk dicerna. Makanan yang sulit dicerna akan menambah beban kerja pencernaan anda.
5 . Rutin mengkonsumsi produk susu fermentasi dalam menu sehari - hari . Probiotik , atau bakteri baik yang ditemukan dalam produk susu seperti yogurt dan keju, dapat memperbaiki fungsi usus dan kesehatan pencernaan. Probiotic bisa menjadi salah satu obatasam lambung naik , maag , sindrom iritasi usus , dan penyakit inflamasi usus atau gangguan pencernaan lainnya secara alami.
6 . Pilih daging tanpa lemak . pilihlah daging sapi atau daging ayam  yang mengandung sedikit lemak untuk masakan anda demi meningkatkan kenyamanan pencernaan .
7 . Minum banyak cairan . Cairan dibutuhkan untuk meringankan dan mencegah sembelit dan memudahkan pencernaan makanan melalui saluran pencernaan . Cara yang baik untuk memastikan Anda mengkonsumsi cukup cairan adalah minum segelas air setiap kali makan . Jika Anda tidak bisa mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, bisa diganti air yang berasa yang diperkaya vitamin seperti jus jeruk.
8 . Jangan terburu-buru makan . Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Dengan cara seperti ini akan mendorong rasa "penuh " pada perut sehingga dapat mencegah anda makan secara berlebihan yang dapat mengganggu saluran pencernaan .
9 . Berolahraga secara teratur dan menjauhkan diri dari merokok . Kebanyakan orang tahu bahwa olahraga menawarkan manfaat kesehatan secara keseluruhan, tapi tidak banyak yang  tahu bahwa itu baik untuk saluran pencernaan Anda. Selain itu aktivitas fisik sehari-hari meningkatkan irama alami sistem pencernaan dan membantu dalam menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan .

10 . Menjaga berat badan. Body Mass Index yang menunjukkan obesitas serta penurunan berat badan memiliki dampak negatif pada kesehatan pencernaan anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar